• gambar
  • Bener zainal

Tahun Pelajaran 2020/2021 dimulai tanggal 13 Juli 2020 dengan melanjutkan pembelajaran jarak jauh, siswa belajar dari rumah. Untuk mencegah penyebaran Virus Corona, siswa dihimbau utk melakukan aktifitas di rumah dan menghindari bepergian ke tempat umum. Jaga kebersihan diri, cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas. Manfaatkan web e-Learning sebagai media interaksi belajar guru dan siswa secara online.

Pencarian

Kontak Kami


SMP NEGERI 19 PALEMBANG

NPSN : 10603755

Jl. Srijaya Km.5,5 Kec.ALang-Alang Lebar Palembang 30153


info@smpn19plg.sch.id

TLP : 07115716734


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 168413
Pengunjung : 61985
Hari ini : 10
Hits hari ini : 20
Member Online : 0
IP : 3.215.77.193
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

SMP Negeri 19 Palembang Persiapkan Pembelajaran Jarak Jauh




Pandemi COVID-19 masih berdampak di berbagai sektor, salah satunya pendidikan. Sejak pandemi diumumkan di Maret 2020, lebih dari 90% siswa dan siswi harus belajar di rumah secara penuh. Terutama mereka yang tinggal di daerah risiko tinggi penularan COVID-19, termasuk di SMP Negeri 19 Palembang. Siapa pun tidak siap untuk bersekolah dengan metode pembelajaran daring atau online. Setiap guru dan anak didik di wilayah yang melakukan belajar mengajar di rumah belum tentu difasilitasi infrastruktur dan peralatan yang memungkinkan belajar melalui daring.


“Namun, dengan berbagai keterbatasan kita mencoba melakukan pembelajaran jarak jauh secara daring atau online dengan mengembangkan web e-Learning smpn19palembang.web.app, yang juga dapat diakses dalam aplikasi berbasis android eL-Spensilas”, demikian disampaikan Maju P Simanjuntak, Kepala SMP Negeri 19 Palembang. “Bahkan Ujian Sekolah bagi Kelas 9 dan juga Penilaian Akhir Tahun atau Ujian kenaikan Kelas, kita laksanakan melalui aplikasi eL-Spensilas atau web e-Learning SMP negeri 19 Palembang”, lanjutnya.


 


Situasi pandemi Covid-19 masih mengakibatkan pelaksanaan tahun akedemik baru 2020/2021 juga dengan menerapkan belajar jarak jauh. Sebagaimana diketahui bahwa kebijakan pendidikan dari Dinas Pendidikan Kota Palembang dan Kemendikbud adalah kesehatan lahir dan batin siswa, guru, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah. Sehingga dalam rangka menjamin terselenggaranya pendidikan dan pembelajaran di sekolah pada Masa Darurat Covid-19, SMP Negeri 19 Palembang, akan melanjutkan pembelajaran jarak jauh dengan mengembangkan web e-Learning smpn19palembang.web.app, yang juga dapat diakses dalam aplikasi berbasis android eL-Spensilas.


Lebih lanjut, Maju mengungkapkan, “Tahun Pelajaran 2020/2021 akan dimulai tanggal 13 Juli 2020. Saat ini, Bpk/Ibu Guru sedang mempersiapkan pembelajaran jarak jauh secara online dengan membentuk kelas virtual dan juga grup komunikasi dgn orangtua (WA). Dalam membentuk kelas virtual, selain mempergunakan aplikasi eL-Spensilas atau web e-learning smpn19palembang.web., guru dapat juga menggunakan aplikasi pembelajaran digital lainnya yang menyediakan menu / pengaturan kelas virtual, yg memuat materi pembelajaran, dilengkapi panduan, text book atau video, serta tanya jawab”.


 


Ia mengingatkan bahwa proses belajar jarak jauh bukan metode untuk mengubah belajar tatap muka dengan aplikasi digital, bukan pula membebani siswa dengan tugas yang bertumpuk setiap hari. Karena itu, belajar dari pengalaman selama bulan Maret hingga Juni 2020 yang lalu, sekolah akan mengatur jadwal kelas secara proporsional, misalnya dalam sehari hanya ada dua atau tiga mata pelajaran.


Selain itu Guru diminta harus lebih kreatif dan inovatif dalam menyajikan materi pelajaran dan memberi tugas kepada siswa, agar terwujud pembelajaran yang bermakna, inspiratif dan menyenangkan agar siswa tidak mengalami kebosanan belajar dari rumah.


Aktivitas dan tugas pembelajaran jarak jauh dapat bervariasi antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses/fasilitas belajar di rumah;


 


Yang terpenting untuk dipahami bersama adalah bahwa pada kegiatan pembelajaran jarak jauh ini, dituntut adanya kolaborasi, partisipasi dan komunikasi aktif antara guru, orang tua dan siswa. Orangtua sangat berperan untuk mengarahkan anaknya belajar di rumah dan menyampaikan informasi dari sekolah kepada anaknya dan juga sebaliknya. Bagi siswa yang tidak dapat menjangkau akses internet, diminta peran orangtua untuk datang ke sekolah setiap minggu atau setiap 2 minggu untuk mendapatkan bahan belajar anaknya.


Akhirnya, diharapakan semua siswa, orangtua dan guru tetap semangat melaksanakan sekolah melalui daring. Kemampuan kita beradaptasi di masa pandemi Covid-19 ini akan menjadikan kita manusia Indonesia yang unggul dalam pengetahuan dan tangguh, menghadapi perubahan.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas